PENINGKATAN KEMAMAPUAN ANALISIS DATA KUANTITATIF MAHASISWA MPI
Mahasiswa Program Studi Manajemen Pendidikan Islam di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Jember terbiasa menekuni perkuliahan yang bersifat kualitatif dalam arti perkuliahan yang jarang sekali atau bahkan tidak menggunakan hitung-menghitung dan menggunakan rumus kuantitatif. Dengan kebiasaan tersebut pada umumnya mereka tidak punya minat bahkan seperti alergi apabila melihat angka-angka dan mempelajari rumus-rumus, terutama rumus statistika yang sering digunakan dalam analisis data kuantitatif. Dengan kebiasaan tersebut, para mahasiswa pada umumnya kurang mampu memahami rumus-rumus statistik sehingga tidak bisa memasukkan data ke dalam rumus-rumus tersebut. Akibatnya, apabila ujian tengah semester dan ujian akhir semester mereka mendapatkan nilai kurang pada mata kuliah penelitian pendidikan, khususnya analisis data kuantitatif.
Padahal, kemampuan analisis data kuantitatif sangat penting bagi mahasiswa lulusan Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (Asisten Peneliti Pendidikan Islam), yakni sarjana pendidikan yang memiliki kemampuan kerja, penguasaan pengetahuan, kemampuan manajerial dan tanggung jawab sebagai asisten peneliti dalam bidang manajemen pendidikan yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir dibidangnya serta mampu melaksanakan tugas dan bertanggung jawab berlandaskan ajaran dan etika keislaman, keilmuan dan keahlian. Bahkan, peluang dan kesempatan kerja lebih besar jika mahasiswa mempunyai kemampuan analisis data kuantitatif yang mumpuni. Berikut beberapa alasan mengapa di era sekarang penting untuk menguasai kemampuan analisis data kuatitatif[1];
- kemampuan analisis data kuatitatif sekarang menjadi prioritas berbagai institusi atau pekerjaan;
- hasil analisis data kuatitatif sekarang menjadi acuan sumber informasi atau informasi yang disebarluaskan dalam mendiskripsikan kemajuan/ peningkatan kualitas suatu lembaga;
- dan hasil analisis data kuatitatif sekarang menjadi acuan suatu lembaga/ institusi dalam mengambil sebuah keputusan/ kebijakan.
Dalam berbagai hal pasti memerlukan banyak sekali pemasukan data. Tanpa adanya suatu informasi, maka kamu tidak akan mengetahui berbagai macam info-info terbaru dan tidak dapat menyelesaikan berbagai macam masalah. Dan tanpa adanya sebuah data yang dicari sebelumnya maka tidak akan ada yang namanya informasi dan solusi untuk masalah sehari-hari. Apalagi di zaman teknologi yang serba maju seperti saat ini. Data merupakan hal yang sangat vital.
Berdasarkan deskripsi di atas, penulis akhirnya menyusun dan melaksanakan kegiatan bimbingan dalam memanfaatkan Aplikasi Statistical Package for The Social Sciences (SPSS) untuk mengatasi permasalan-permasalahan tersebut. Penulis berpendapat bahwa ada 3 hal utama yang menjadi landasan pentingnya peningkatan kemampuan analisis data kuantitatif:
- Pertama, salah satu profil lulusan mahasiswa program studi Manajemen Pendidikan Islam adalah asisten peneliti pendidikan.
- Kedua, tuntutan dunia kerja yang membutuhkan kualitas tenaga yang terampil; cepat dan tepat dalam menganalisis data.
- Ketiga, penulis beranggapan tentang perlunya peningkatan teknologi untuk mendukung program pemerintah dalam menghadapi revolusi industry 4.0. Dengan pemanfaatan teknologi, segala pekerjaan dapat dilakukan secara efektif, efisien, dan ramah lingkungan.
Dalam pelaksanaan kegiatan aktualisasi ini, pimpinan program studi manajemen pendidikan islam, seluruh dosen, staf, dan mahasiswa dilibatkan dalam kegiatan ini. Melalui jalur koordinasi antara pegawai dan pimpinan dalam bentuk konsultasi, dosen dan pegawai dalam bentuk koordinasi, serta mahasiswa selaku penerima bimbingan dalam bentuk sosialisasi di bangun sedemikian rupa untuk mencapai keberhasilan yang telah di rancang di awal. Meskipun dalam laporan ini, data yang disajikan terbatas pada jadwal rancangan kegiatan aktualisasi, pelaksanaan kegiatan aktualisasi yang telah dibuat menunjukkan pencapaian penuh pelaksanaan kegiatan. Oleh karena itu, kegiatan peningkatan kemampuan analisis data kuantitatif mahasiswa program studi MPI FTIK IAIN Jember tetap perlu di lanjutkan sehingga terciptanya kesinambungan atau keberlanjutan.
[1] https://dailysocial.id/post/beberapa-alasan-pentingnya-belajar-kemampuan-analisis-data diakses tanggal 10/11/2019.
Mahasiswa Program Studi Manajemen Pendidikan Islam di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Jember terbiasa menekuni perkuliahan yang bersifat kualitatif dalam arti perkuliahan yang jarang sekali atau bahkan tidak menggunakan hitung-menghitung dan menggunakan rumus kuantitatif. Dengan kebiasaan tersebut pada umumnya mereka tidak punya minat bahkan seperti alergi apabila melihat angka-angka dan mempelajari rumus-rumus, terutama rumus statistika yang sering digunakan dalam analisis data kuantitatif. Dengan kebiasaan tersebut, para mahasiswa pada umumnya kurang mampu memahami rumus-rumus statistik sehingga tidak bisa memasukkan data ke dalam rumus-rumus tersebut. Akibatnya, apabila ujian tengah semester dan ujian akhir semester mereka mendapatkan nilai kurang pada mata kuliah penelitian pendidikan, khususnya analisis data kuantitatif.
Padahal, kemampuan analisis data kuantitatif sangat penting bagi mahasiswa lulusan Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (Asisten Peneliti Pendidikan Islam), yakni sarjana pendidikan yang memiliki kemampuan kerja, penguasaan pengetahuan, kemampuan manajerial dan tanggung jawab sebagai asisten peneliti dalam bidang manajemen pendidikan yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir dibidangnya serta mampu melaksanakan tugas dan bertanggung jawab berlandaskan ajaran dan etika keislaman, keilmuan dan keahlian. Bahkan, peluang dan kesempatan kerja lebih besar jika mahasiswa mempunyai kemampuan analisis data kuantitatif yang mumpuni. Berikut beberapa alasan mengapa di era sekarang penting untuk menguasai kemampuan analisis data kuatitatif[1];
- kemampuan analisis data kuatitatif sekarang menjadi prioritas berbagai institusi atau pekerjaan;
- hasil analisis data kuatitatif sekarang menjadi acuan sumber informasi atau informasi yang disebarluaskan dalam mendiskripsikan kemajuan/ peningkatan kualitas suatu lembaga;
- dan hasil analisis data kuatitatif sekarang menjadi acuan suatu lembaga/ institusi dalam mengambil sebuah keputusan/ kebijakan.
Dalam berbagai hal pasti memerlukan banyak sekali pemasukan data. Tanpa adanya suatu informasi, maka kamu tidak akan mengetahui berbagai macam info-info terbaru dan tidak dapat menyelesaikan berbagai macam masalah. Dan tanpa adanya sebuah data yang dicari sebelumnya maka tidak akan ada yang namanya informasi dan solusi untuk masalah sehari-hari. Apalagi di zaman teknologi yang serba maju seperti saat ini. Data merupakan hal yang sangat vital.
Berdasarkan deskripsi di atas, penulis akhirnya menyusun dan melaksanakan kegiatan bimbingan dalam memanfaatkan Aplikasi Statistical Package for The Social Sciences (SPSS) untuk mengatasi permasalan-permasalahan tersebut. Penulis berpendapat bahwa ada 3 hal utama yang menjadi landasan pentingnya peningkatan kemampuan analisis data kuantitatif:
- Pertama, salah satu profil lulusan mahasiswa program studi Manajemen Pendidikan Islam adalah asisten peneliti pendidikan.
- Kedua, tuntutan dunia kerja yang membutuhkan kualitas tenaga yang terampil; cepat dan tepat dalam menganalisis data.
- Ketiga, penulis beranggapan tentang perlunya peningkatan teknologi untuk mendukung program pemerintah dalam menghadapi revolusi industry 4.0. Dengan pemanfaatan teknologi, segala pekerjaan dapat dilakukan secara efektif, efisien, dan ramah lingkungan.
Dalam pelaksanaan kegiatan aktualisasi ini, pimpinan program studi manajemen pendidikan islam, seluruh dosen, staf, dan mahasiswa dilibatkan dalam kegiatan ini. Melalui jalur koordinasi antara pegawai dan pimpinan dalam bentuk konsultasi, dosen dan pegawai dalam bentuk koordinasi, serta mahasiswa selaku penerima bimbingan dalam bentuk sosialisasi di bangun sedemikian rupa untuk mencapai keberhasilan yang telah di rancang di awal. Meskipun dalam laporan ini, data yang disajikan terbatas pada jadwal rancangan kegiatan aktualisasi, pelaksanaan kegiatan aktualisasi yang telah dibuat menunjukkan pencapaian penuh pelaksanaan kegiatan. Oleh karena itu, kegiatan peningkatan kemampuan analisis data kuantitatif mahasiswa program studi MPI FTIK IAIN Jember tetap perlu di lanjutkan sehingga terciptanya kesinambungan atau keberlanjutan.
[1] https://dailysocial.id/post/beberapa-alasan-pentingnya-belajar-kemampuan-analisis-data diakses tanggal 10/11/2019.